Sosialisasi dan Pelatihan Penanganan terhadap Bencana Kebakaran

Jumat, 13 November 2020

Pelatihan Penanganan Tanggap Darurat dan Kebakaran di Disarpus dimulai pada pukul 08:00 WIB, Jumat (13/11). Bertempat di Depo Arsip yang dihadiri seluruh Pegawai.
.
Sambutan Kepala Dinas Arpus Ibu Hj. Tri Heru Setiati, SH., Sp1 mengawali rangkaian acara tersebut. Dengan adanya Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran ini diharapkan pegawai dan Petugas keamanan dapat mengerti dan mengetahui prosedur dan tindakan yang tepat untuk memadamkan kebakaran sehingga apabila terjadi kebakaran dapat segera diatasi dan dipadamkan.
.
Selain mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk memadamkan kebakaran, pegawai dan petugas keamanan Disarpus dapat mengetahui juga bagaimana cara mencegah terjadinya kebakaran.
.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Bapak Drs. Sutarno Yono SR., M.Si menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut, diantarannya:
.
1. Memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait dengan sebab-sebab terjadinya kebakaran;
2. Memperkenalkan instrument-instrument pemadam kebakaran untuk api kecil dan bagaimana penggunannya;
3. Mengidentifikasi sumber-sumber kebakaran, tanggap darurat dan penangannya;
4. Melaksanakan pemadaman kebakaran dengan menggunakan prinsip pemadaman api;
5. Mengidentifikasi alat pemadam berdasarkan sumber kebakaran;
6. Mampu menggunakan alat-alat pemadam kebakaran khususnya Alat Pemadam Api Ringan.
.
Selanjutnya Kepala Bidang Pencegahan Kebakaran Bapak Hendi Kurniawan, ST., MM menyampaikan tujuan lain dari kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan sebab-sebab terjadinya kebakaran dan hal hal yang dilakukan jika kebakaran terjadi.
.
Kegiatan dilanjutkan dengan Praktek langsung pemadaman sumber api yang dipandu oleh Bapak Budhi selaku anggota Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung, teknik serta peralatan keamanan dijelaskan secara rinci karena sudah diatur dalam SOP Pemadam kebakaran. baik dengan peralatan tradisional, maupun dengan (Apar) Alat Pemadam Kebakaran Ringan.
.
Satu-persatu Pegawai memperagakan sumulasi tersebut, berjibaku memadamkan api.